Follow Us @soratemplates

Half Purple and Blue Butterfly

Monday, September 17, 2018

Pengalaman Lolos Tes CPNS Tahun 2014 Pemerintah Kota Surabaya

..
Sebenernya sudah ingin menuliskan ini lama sih, tapi karena saking panjangnya kalo dcritain secara detail dan pada waktu itu capek banget, jadi ga sampe full sudah aku close, dan entah aku cari filenya di draft belum ketemu, hehe..
Di sini aku cuma mau sedikit cerita aja sih, awal mula aku bisa daftar CPNS sampai dengan aku bisa keterima dan sekarang bekerja di Salah satu instansi pemerintah. Kebetulan instansinya berupa sekolahan sih, tepatnya aku penempatan di SMA Negeri 20 Surabaya. Di Surat Keputusan pengangkatannya aku dapat jabatan Pengadministrasi Umum, dan untuk jobdeskripsinya aku di sini bekerja menangani administrasi kepegawaian. 
Sebelumnya aku pernah tulis tentang Bagaimana Perjalanan Karirku di postingan sebelumnya, dan mungkin di postingan kali ini aku bakal bahas kelanjutannya..

Oke, jadi sebelumnya aku tuh kerja di sebuah Perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri sepatu export, dan aku sebagai staf accounting di sana. Tepat dua tahun bekerja di sana, entah kenapa ada saja hal yang membuatku kurang nyaman. Jadi, di perusahaan itu ada peraturan bagi staf dilarang ngobrol waktu bekerja. Padahal, aku karakternya hobi banget curcol, haha.. Pada akhirnya, kebiasaanku ngobrol dengan rekan di sebelah meja kerjaku ini membuat aku dapat perhatian khusus alias disoroti oleh manajer bagian. Awalnya sih aku cuek aja, aku fikir selama pekerjaanku selesai dengan baik dan tepat waktu, why not. Cuma ternyata lama-lama aku semakin tidak nyaman dengar cerita dari kawanku kalau aku sering dijadikan bahan omongan manajer. Oke, akhirnya aku memutuskan untuk resign dan tepat satu minggu aku resign itu, ada pengumuman Penerimaan CPNS keluar.


Awalnya aku ga berminat untuk ikut, tapi rekan kantorku (baca:yg hobi ngobrol sama aku. kebetulan dia belum resign, panggil saja Mbak Rina) ngasih tau kalau ada formasi yang sesuai jurusanku di Pemkot Surabaya. Ya, waktu itu aku daftar pakai ijazah SMK jurusan Administrasi Perkantoran lulusan tahun 2012. Akhirnya aku tertarik untuk coba daftar. Kebetulan waktu itu aku juga masih sibuk sama persiapan pertunanganku dengan suami (baca:dulu masih pacaran). Jadi, kurang begitu berminat dan fokus sama pendaftaran itu. Akan tetapi, karena mertuaku dan suami serta temen-temen suamiku pada rame bahas pendaftaran CPNS ini aku jadi tambah semangat buat ikutan. Kami berbondong2 daftar, buat surat lamaran bareng, nyiapin berkas bareng, berangkat ke lokasi verifikasi data juga always barengan.

Verifikasi berkas dilakukan di Gedung Wanita Kalibokor cuma aku lupa tanggal berapa. Kalo gak salah sih, proses ini memakan waktu sekitar satu mingguan lebih. Di sana aku dag dig dug karena takut ada berkasku yang kurang lengkap. Karena pengalaman nomor antrian sebelumku banyak yang kembali karena kualifikasi yg tidak cocok, berkas yang kurang, dll. Tapi, alhamdulillah sekali jalan waktu itu semua berkasku lengkap dan lolos verifikasi. Waktu itu cuma dapat nomor ujian, cuma belum diberitau kapan dan di mana lokasi ujiannya. Jadi, kita harus aktif buka web Pemkot Surabay dan BKD Surabaya.

Dua minggu kemudian kalo gak salah, keluar informasi mengenai Waktu dan tempat Ujian CAT (Computer Assisted Cat). Waktu itu aku dapat hari terakhir, sesi pertama. Sabtu apa jumat ya lupa juga. Lokasi tes di Aula SMKN 5 Surabaya. Tesnya bener-bener dijaga dengan ketat menurutku. Sebelum peserta memasuki ruang ujian, peserta dicek semua peralatan dan nomor ujian di depan tenda. Gaboleh bawa apapun selain ktp, dan nomor ujian (fix). Waktu itu aku udah beli pensil 2b buat jaga2 Ternyata pensil sudah disiapkan oleh panitia. Lanjut, kita memasuki ruang pengarahan. Di sana diberi arahan tata cara pengerjaan, diberi motivasi, dll lah lupa juga bahas apa aja, wkwkwkw.

Memasuki ruang ujian, serasa wah gitu, di ruangan sebesar itu berisi 100 meja + komputer yg siap untuk digunakan (btw kalo gak salah sih segituan, lupa), aku duduk di deretan ke 6 ujung kiri, pas di sebelahku berdiri terus penjaga ujian, haha gabisa ngapa2in dah. selisih dua bangku dari aku ada suamiku, dan teman suamiku. Ujian dimulai, selama 90 menit kita diwajibkan menyelesaikan 100 soal Tes CPNS yang terdiri dari TWK, TIU, dan TKP. Perlu dijelasin gak ya apa ketiga itu, buka aja deh di sini . Setelah ujian aku rasa sudah selesai dan aku yakin untuk klik Selesai, aku klik dan muncul langsung total nilaiku. Ternyata aku dikagetin suamikudari belakang yang sudah selesai lebih dulu, dan mengucapkan selamat. ciee... bagus e hasile .. wkwkwkw kita keluar ruangan sama sama dan di luar sudah tertera sebuah layar yg menunjukkan hasil perolehan nilai seluruh peserta. Sedikit lega, alhamdulillah nilaiku waktu itu sudah memenuhi nilai ambang batas. 

Sekitar dua atau tiga minggu kemudian, tes Bidang diadakan, dan kebetulan aku selokasi lagi sama suamiku, di SMA Negeri 1 Surabaya. Di sana aku bertemu dengan seorang teman satu formasi, waktu kenalan ternyata dia sudah mengenalku lebih dulu karena aku menyebutkan total nilai TKD ku. "Ohh... kamu Diska ya, kamu urutan pertama lho mbak..", aku ga ngerti urutan apa yg dia maksud. Ternyata aku ga sempet buka hasil TKD yangsudah disusun sesuai formasi dan ternyata aku urutan pertama di formasiku. Yang aku tau, cuma aku lolos dan liat info lokasi tesnya di mana. Ya ampun.... Sedikit lega sih, berarti peluangku cukup besar.

Mungkin nasib baik berpihak padaku. Waktu membuka soal Tes Kemampuan Bidang, aku terpana. Karena soal-soalnya adalah soal yang sering aku pelajari, alias keluar semua hasil belajarku. Aku bersyukur waktu itu aku dapat pinjaman buku kejuruan jaman sekolah dari adik kelasku, karena bukuku sendiri ya sudah dikasih tukang rongsokan hahaha... dan hampir 80% soalnya persis dari buku buku yang aku pelajari.

Setelah TKD dan TKBb aku lewati, tinggal aku menunggu pengumuman yang waktu itu aku sambil belajar usaha jualan ayam potong. Jaga jaga sih kalau CPNS nya belum lolos setidaknya aku sudah punya usaha sendiri. Seiring berjalan waktu dan aku sudah mulai nyaman dengan usahaku, tiba-tiba aku dapat telfon di siang bolong. Ngakunya dari orang BKD Kota Surabaya yang ngasih tau kalo aku lolos CPNS, dan disuruh membuka pengumuman esok hari. Awalnya aku sempet kurang percaya, jangan-jangan penipuan. Tapi, ternyata temen suamiku yg kebetulan lolos juga ditelfon. Kenapa mereka menelfon semua peserta yang lolos, karena setelah pengumuman Peserta yang lolos harus melalukan pemberkasan yang disertai dengan peryaratan lainnya H+1 pengumuman. Jadi antisipasi supaya tidak keteteran dan pemberkasan bisa dilakukan tepat waktu. Benar-benar amazing dan tidak dapap diungkapkan dengan kata-kata betapa bahagianya aku waktu itu.

Mungkin pengalamanku sekian dulu ya, sudah banyak sekali... dan sebenarnya masih banyak lagi yang ingin aku ceritakan. Mungkin next time aku bakal share kiat-kiat dan gimana cara belajarku sebelum mengikuti Tes CPNS...

See youu...


No comments:

Post a Comment