Follow Us @soratemplates

Half Purple and Blue Butterfly

Saturday, May 16, 2020

Kapan si Kecil Tumbuh Gigi ?


Salah satu hal yang ditunggu dalam tahap awal pertumbuhan si kecil adalah kapan saat pertama kali tumbuh gigi. Tumbuh gigi pada bayi, bervariasi kapan mulainya. Begitu pula jarak antara tumbuhnya gigi satu dengan gigi kedua dan seterusnya pun juga berbeda-beda. Jika moms kawatir si kecil sudah memasuki usia seharusnya mulai tumbuh gigi, akan tetapi belum juga ada tanda-tanda ada kemunculan gigi pertamanya, ga perlu kawatir ya moms. Yuk simak beberapa tanda si kecil akan tumbuh gigi dan pada batas usia berapa si kecil harus tumbuh gigi.

Tanda-tanda si Kecil akan Tumbuh Gigi 

1. Mengeces
Alasan mengapa si kecil mudah mengeces adalah karena akan tumbuh gigi. Hal ini disebabkan karena pada saat akan tumbuh gigi, mulut si kecil akan memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Jika si kecil mulai sering ngeces, moms tidak perlu kawatir dan coba untuk dengan sabar membersihkan bagian dagu dan leher bayi akibat terkena air liurnya yang terjatuh. 

2. Suka Menggigit
Saat akan tumbuh gigi, si kecil akan merasakan tidak nyaman pada gusi tekanan dari dalam. Sehingga terkadang si kecil merasa gatal dan ingin menggigit apapun yang ada di sekitarnya. Jika moms melihat si kecil sduah sering menggigit benda-benda yang ia pegang, sebaiknya moms mulai memberikan mainan si kecil yang lunak dan dapat merangsang tumbuhnya gigi. Berikan teether bayi yang berbahan lunak dan ber-BPA free sehingga aman bagi si kecil.

3. Gusi Bengkak
Gusi si kecil yang terlihat memerah dan sedikit terlihat bengka merupakan hal wajar yang merupakan salah satu tanda gigi si kecil akan segera tumbuh. Untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman bagi si kecil, moms bisa mencoba memberikan pijatan lembut pada gusi bayi dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin.

4. Demam
Bukan sekedar mitos, jika orang jaman dulu berkata jika seorang bayi mulai sering demam adalah tanda akan pintar atau bisa melakukan sesuatu. Si kecil yang akan tumbuh gigi biasanya juga akan memberikan salah satu gejala ini. Alasannya karena peradangan yang terjadi pada gusi yang akan tumbuh gigi cukup serius. Tapi moms tidak perlu kawatir karena biasanya demam akibat akan tumbuh gigi tidak berlangsung lama dan terlalu tinggi kok. 

Lalu, Kapan si Kecil Tumbuh Gigi ?

Umumnya si kecil akan tumbuh gigi pada usia 6 bulan hingga 8 bulan untuk gigi pertamanya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan di usia lebih dari 8 bulan si kecil belum memberikan tanda-tanda gigi tumbuh. Moms tidak perlu kawatir ya, sedikit pengalaman pibadi saya dengan dua anak yang memiliki perbedaan kapan mereka tumbuh gigi pertama kali.

Si Kakak dulu tumbuh gigi pertamanya pada usia 6 bulan, dan gigi pertama yang tumbuh adalah gigi seri bagian atas. Jarak antara tumbunya gigi pertama dan kedua dengan gigi lainnya memiliki tenggang waktu yang konsisten. Akan tetapi, si Adik jauh berbeda. Awalnya saya kawatir memasuki usia 8 bulan belum juga kunjung muncul gigi pertamanya, meskipun beberapa tanda sudah nampak pada usia 6 bulan. Tepatnya memasuki usia 10 bulan si Adik baru muncul gigi pertama dan hanya satu biji gigi seri bagian bawah. Namun sebulan lebih berjalan belum ada tanda kemunculan gigi berikutnya, hingga di usia 11 bulan lebih 2 minggu gigi seri Adik bagian atas mulai tumbuh bersamaan, seperti pada gambar cover postingan ini. 😆

Jadi moms tidak perlu kawatir ya jika si kecil belum juga memberikan tanda giginya akan tumbuh. Karena setiap bayi memiliki masa sendiri untuk setiap pertumbuhannya. Selalu positif thinking dan ajak si kecil merangsang tumbuhnya gigi dengan melatihnya menggigit bedna-benda lunak atau dengan memberikannya biskuit bayi untuk pendamping ASI. 

Baik, sekian dulu sharing dari saya tentang kapan si Kecil tumbuh gigi. Semoga bermanfaat, dan mengurangi kegalauan mommy semua karena di kecil bellum kunjung tumbuh gigi. 😘


Daftar Pustaka :
https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/10-tanda-gigi-bayi-mau-tumbuh/
https://www.alodokter.com/memahami-bayi-9-bulan-belum-tumbuh-gigi

No comments:

Post a Comment