Follow Us @soratemplates

Half Purple and Blue Butterfly

Sunday, September 13, 2020

Tips Liburan Staycation Low Budget Tapi Mengesankan



Liburan identik dengan bersenang-senang dan menghabiskan cukup banyak biaya. Bahkan terkadang beberapa orang mempersiapkan sendiri tabungan khusus untuk berlibur. Sering menjadi kendala ketika kita sudah jenuh dengan aktivitas yang melelahkan tenaga dan pikiran sehingga membutuhkan waktu untuk refreshing sejenak bersama keluarga namun budget atau dana masih minim. Pada postingan kali ini aku akan sharing ke kalian Tips berlibur low budget dengan tanpa mengurangi kegiatan yang akan dilakukan termasuk juga biaya penginapan. 

Lho, liburan menginap atau biasa disebut staycation  emang bisa ya dengan budget murah? Bisa banget kok. Ini dia beberapa tipsya :

1. Tentukan Budget Maksimal
    Budget ini harus kalian tentukan di awal, dengan memperhatikan kondisi keuangan kamu. Misal sisa uang kamu di bulan ini tersisa Rp. 500.000,- maka buat budget maksimal di bawah nominal tersebut dan jangan diganggu gugat. Bawa Uang pas-pasan saat liburan jangan ditambahi lagi supaya tidak tergoda untuk membeli sesuatu yang seharusnya tidak tertulis di daftar kegiatan. Tapi jangan lupa dalam budget maksimal itu tadi tetap masukkan budget khusus untuk hal-hal tidak diinginkan. Misal ada insiden ban bocor, dsb.

2. Berlibur ke kota terdekat
    Contohnya saya di Surabaya, bisa mencari kota terdekat seperti Malang, Batu, Pacet-Mojokerto, dsb. Dengan memilihi kota terdekat sebagai tempat tujuan wisata selain menghemat BBM, juga menghemat tenaga dan waktu. Waktu akan lebih banyak kita habiskan untuk berwisata daripada habis untuk menghabiskan waktu di jalanan.

3. Pilih Penginapan Low Budget dan Kejar Promo
    Era digital saat ini memberikan kemudahan bagi kita untuk memesan apapun termasuk hotel dan penginapan. Bahkan saat ini ada juga platform yang menyediakan penginapan dengan harga terjangkau. Reddoorz, OYO, Airyroom, Spot on, dsb. Begitu pula aplikasi pemesanan hotel seperti booking.com, Traveloka, Tiket.com, Agoda, dan masih banyak lagi. Di sana kalian akan menemukan banyak sekali penginapan yang low budget, serta dapat memperoleh berbagai promo menarik. Manfaatkan promo yang ada sehingga kalian akan mendapatkan harga penginapan termurah.

4. Naik kendaraan Low Budget atau minim BBM
    Jika kalian biasanya liburan naik mobil, coba sesekali trip mengendarai motor. Selain motor juga lebih cepat karena bisa nyelip sana sini dari kemacetan, naik motor juga lebih hemat BBM. Karna tujuan utamanya adalah staycation dan liburan low budget, jadi BBM harus hemat juga dong.

5. Cari tempat wisata alam yang Murah Meriah
    Hampir setiap daerah memiliki tempat wisata, terutama wisata alam yang harga tiket masuknya lebih murah. Salah satu contoh di Kabupaten Malang ada Kampung Warna-warni, yang bagus dan cocok sebaga destinasi wisata selfie. Di sana kalian tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karna cukup membayar parkir. 

6. Belanja seperlunya
    Belanjakan uangmu sesuai kebutuhan bukan keinginan. Kalian butuh makan, maka carilah makanan yang low  budget pula. Tidak perlu makan di tempat mewah. Contohnya mencari kedai nasi goreng di pasar malam dan sepanjang jalan raya banyak sekali denga herga terjangkau. Anggap saja seperti hari-hari biasa kita jika laper tengah malam lalu cari makan. Pasti cari di tempat terdekat dari rumah dan makan apa saja yang dijual di sana. Untuk oleh-oleh, kalian bisa memilih oleh-oleh yang bisa dikonsumsi oleh banyak orang namun harganya murah. Contoh, membeli sekerangjang tape singkong, atau sekeranjang buah khas tempat wisata. Murah meriah namun bisa dikonsumsi oleh orang banyak. hehehe



Dalam video di atas, aku bagikan pengalamanku waktu staycation bersama suami selama dua hari satu malam dengan budget hanya Rp. 300.00,- sudah termasuk penginapan, BBM, Makan, main dan oleh oleh. Nggak percaya ?

Nih aku beri ringkasan rincian belanjaku waktu itu:
1. Penginapan >> Reddoorz Villa Handayani Batu-Malang Rp. 117.000,-
2. Biaya makan 3x >> Penyetan Rp. 40.000,-, Nasi Pecel Rp. 30.000,-, Jajanan +- Rp. 60.000,-
3. BBM >> Honda Beat Rp. 30.000,-
4. Oleh-oleh >> 2 kntong kentang dan 1 kantong jeruk peras Rp. 35.000,-
5. Lain-lain >> Rp. 50.000,-

Untuk lebih jelas dan lengkapnya ada di video aku di atas, 
Semoga info sederhana ini menginspirasi kalian yang pengen liburan murah tapi tetap mengesankan. Karena yang mengesankan bukan yang mahal, tapi yang bisa bikin kamu nyaman ^^,

No comments:

Post a Comment