Follow Us @soratemplates

Half Purple and Blue Butterfly

Tuesday, June 2, 2020

Apa itu Diklat Prajabatan? CPNS baru wajib baca ini ya!

                         


Hai kali ini aku ingin membahas sedikit tentang Diklat Prajabatan. Buat kalian yang bingung apa itu Diklat Prajabatan, jadi di postingan kali ini aku ingin sharing ke temen temen semua terutama para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru yang bingung dengan statusnya kira kira kapan nih bakal jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) 100%. Iya, jadi setelah kalian lolos CPNS emang belum dinyatakan 100% sih meskipun sangat kecil kemungkinan gugur ke PNS 100%nya. 

Sebetulnya tidak banyak perbedaan buat CPNS maupun PNS dari segi hak haknya, salah satunya gaji pokok kalian yang masih terima 80%. Semuanya sama, jika kalian sudah berkeluarga dan memiliki anak tunjangan itu juga bisa diterimakan. Bahkan, tunjangan kinerja dan remunerasi juga tetep terima. Hak untuk cuti juga kalian akan dapat jatah yang sama. Pengalaman pribadi aku dulu pernah ambil cuti melahirkan waktu masih berstatus CPNS, alhamdulillah aku dapat jatah sama yaitu 1 bulan sebelum dan 2 bulan setelah melahirkan.

Apa itu Diklat Prajabatan?
Kembali ke topik tentang Diklat Prajabatan ya, jadi Diklat ini sifatnya wajib sebagai salah satu syarat menjadi PNS 100%. Diklat Prajabatan ini sama dengan Pelatihan Paling Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau disingkat Latsar CPNS atau cukup disebut Latsar adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Kapan Kita Diklat Prajabatan?
Untuk jadwalnya sendiri biasanya 3-6 bulan setelah kita menerima SK Pengangkatan CPNS. Buat kalian yang sudah lebih dari 3 bulan menerima SK dan belum ada panggilan untuk Diklat sabar aja dulu. BKD pasti ngasih kabar ga akan lama kok, ga akan ketlisut juga datanya hehe.. Aku dulu terima SK Januari 2015 dan diklat prajabatan baru Juli 2015. Jarak waktunya sampe 6bulan lhoo. Jadi tergantung juga sih dari berapa banyak antrian CPNS di suatu daerah kita pada tahun itu.

Apa saja yang diajarkan dalam Diklat Prajabatan?
Dalam diklat ini kita akan diajarkan tentang materi-materi pokok ANEKA sebagai bekal kita dalam bekerja di instansi kita masing-masing. ANEKA sendiri adalah singkatan dari A-ktualisasi Diri, N-asionalisme, E-tika publik, K-omitmen Mutu, A-nti Korupsi😇. Jadi kalian diajarkan bagaimana menerapkan 5 prinsip itu untuk kalian terapkan dalam pekerjaan kalian. Kita juga akan dibekali latihan kedisiplinan, baris berbaris, dan nilai nilai kerjasama tim. Akan ada petugas dari Banser, atau anggota TNI yang membimbing setiap kegiatan kita. Yang paling berkesan buatku saat diklat prajabatan adalah momen makan bersama, yang tetap berpedoman dengan kedisiplinan dan semi militer. Mau duduk dikomando, mau ambil piring dikomando, sampai mau mulai makanpun harus dikomando dan bersamaan. Kalian juga harus ontime dalam setiap kegiatan, karna selalu bareng dan dibariskan dulu setiap ganti jadwal dan materi. Ya ampun, nulis ini aku sambil inget inget dan bayangin betapa serunya diklat prajabatan.

Sangat berkesan karna di diklat ini kita juga bisa saling mengenal teman-teman CPNS baru dari instansi lain sehingga bisa saling berdiskusi jika kebetulan beban tugas kita sama dengan mereka. Nambah keluarga baru juga pastinya 😇😇 I miss you all para peserta Diklat Prajabatan Angkatan IV Gol.II dan III Tahun 2015 Provinsi Jawa Timur, 😍

Berapa Lama kita harus Menyelesaikan Diklat?
Untuk CPNS jalur Honorer (K-II) hanya butuh waktu 1 minggu sih karena emang mungkin mereka sudah memiliki record dan pengabdian yang lama di instansi mereka sebelumnya. Namun untuk CPNS reguler atau jalur umum, diklat ini memakan waktu 23-30hari. Cukup lama, hanya saja kita tidak selama itu berada di barak. Pada 10 hari pertama kita akan diberi bekal dan materi selama di barak, kemudian 10 hari ke depan kalian diharuskan kembali ke instansi masing-masing untuk mengaktualisasikan ilmu yang sudah didapat dari diklat 10 hari pertama itu. Sebelum melaksanakan aktualisasi, kalian diwajibkan membuat sebuah rencana atau semacam proposal kerja yang akan kalian terapkan nantinya, ada seminarnya juga semacam seminar proposal gitu. Dihadiri oleh atasan langsung, pembimbing dan tim penilai. Dan saat kalian kembali ke instansi masing-masing dalam waktu 10 hari itu juga kalian wajib menyelesaikan semua rencana kerja dan membuat laporan aktualisasi. Hehehe, jangan dibayangin susahnya dulu ya, mudah kok dan seru banget malah.

Apa yang Dilakukan Setelah Aktualisasi?
Setelah masa aktualisasi di instansi selesai kalian wajib kembali ke barak untuk melaporkan hasil rencana kerja kalian, ada seminarnya juga semacam sidang gitu deh. Dihadiri juga sama atasan langsung, pembimbing dan penilai. Oh ya, kenapa harus ada atasan langsung, jadi fungsinya sebagai saksi gitu lah kalau kalian emang bener-bener menerapkan rencana kerja kalian itu.

Dijamin Lulus gak nih?
Tidak ada jaminan pasti lulus. Tapi, Jaminan Lulus 99% sih menurut aku, meskipun nilainya pas-pasan pun tetep bakal lulus kok. Terus kok ada 1% nya yg bikin ga lulus. Iya, ketidaklulusan diklat prajabatan hanya terjadi jika kalian melakukan pelanggaran yang berat selama masa diklat. Pelanggaran berat semisal melakukan tindakan kriminal, dan berbuat hal hal yang melanggar aturan, berbuat tidak senonoh contohnya hehe tau lah yaa seperi apa contohnya. Pokoknya prinsipnya kalian ikuti  semua alur dan aturan yang diberikan, selesaikan semua tugas dan perkara hasilnya pasti dijamin lulus kalo semua itu kalian lakukan.

Kalau udah Lulus Diklat Prajabatan, sudah pasti 100% PNS?
Kembali lagi jaminan pasti tidak ada. Tapi kemungkinan besar pasti PNS. Hanya saja kalian masih harus memenuhi beberapa persayaratan lain seperti ada tes kesehatan lagi gitu. Itu sih yang di instansiku, kebetulan aku dulu di Pemerintah Kota Surabaya syarat lainnya hanya ikutin Tes Kesehatan dari rumah sakit yang ditunjuk oleh Dinas. Setelah itu akan diumumkan lagi kapan harus pemberkasan untuk memperoleh SK PNS 100%.

Oke, sekian dulu yang bisa aku jelaskan tentang Diklat Prajabatan. Semoga bermanfaat buat kalian yang sedang bingung dan menanti nanti jadwal Diklat kalian. Semangaat 🥰🥰



2 comments:

  1. Wah menarik banget infonya kak, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama .. salam kenal, aku mampir di blog km juga yaa. saling follow yuk

      Delete