Follow Us @soratemplates

Half Purple and Blue Butterfly

Monday, September 9, 2013

Konsep Makalah untuk Tugas Pengganti Ospek 2013 UNTAG Surabaya



Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
dalam
Menumbuhkan Kepercayaan Diri
 dengan Pendekatan Psikologi

Oleh :
Diska Paras Ayu
Fakultas Psikologi 
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Surabaya, 11 September 2013

I. Pendahuluan
 Psikologi merupakan sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan tingkah laku manusia secara ilmiah. Selama masih ada manusia, selama itu pula ilmu Psikologi terus ada dan dipelajari. Menjadi sebuah alasan mengapa saat ini ilmu Psikologi semakin banyak dipelajari dan telah menjadi salah satu Mata Pelajaran di sekolah berupa Pendidikan Konseling maupun di Perguruan Tinggi yang telah menjadi salah satu Jurusan di dalamnya.
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas Psikologi dari banyaknya Perguruan Tinggi di Indonesia. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah mendirikan Fakultas Psikologi sejak tahun 1985dengan status terdaftar dan diakui pada tahun 1993dan terus meningkat menjadi status terakreditasi hingga saat ini. Merupakan sebuah bukti di mana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya terus mengembangkan diri agar menjadi Perguruan Tinggi yang lebih maju dengan Motto "An empowering and Networking University". 

Semua itu tak lepas dari rasa dan sikap percaya diri yang ditumbuhkan para dosen dan mahasiswa UNTAG Surabaya untuk terus mengembangkan potensi serta kemampuan akademiknya. Maka dari itu sangatlah penting untuk menumbuhkan sikap percaya diri pada setiap orang. Dalam salah satu visi UNTAG Surabaya adalah menjadi “world class university”, maka salah satu misi yang tepat adalah mengembangkan rasa percaya diri dan potensi dalam diri kita. 

Dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana Mengembangkan Kepercayaan Diri dengan Pendekatan Psikologi. Berikut kisi-kisi yang akan saya jabarkan satu persatu, yaitu :
  1.  Latar Belakang
  2. Manfaat dan Tujuan
  3. Isi dan Penjelasan
  4. Kesimpulan
  5. Saran
1.      Latar Belakang
 Alasan mengapa saya memilih untuk mengembangkan rasa percaya diri dalam misi menjadi “world class university” adalah bahwa percaya diri merupakan salah satu faktor penting yang berasal dari diri kita di mana faktor intern sangat mempengaruhi diri kita dalam menentukan arah dan tujuan yang akan dicapai. Salah satu contoh di mana seorang anak dengan rasa percaya diri yang tinggi akan memiliki lebih banyak peluang mendapatkan perhatian dari sekelilingnya sehingga kepopularitasan dengan mudah ia dapat, Contoh lain adalah para pelawak di acara televisi hanya dengan modal rasa percaya diri yang tinggi mereka mampu membuat banyak penonton di seluruh penjuru tertawa melihat aksi mereka. Ini merupakan bukti bahwa kepercayaan diri sangatlah penting dan memepengaruhi penempatan diri kita dalam kehidupan sosial. Jadi, dengan kita tumbuhkan rasa percaya diri melalui pendekatan psikologi saya rasa mampu membawa Kampus kita menjadi “world class university”. Karena dalam menekuni hal apapun apabila kita selalu percaya diri, maka keberhasilan juga akan dengan mudah kita dapatkan, begitu pula perhatian dari sekeliling kita.

2.      Manfaat dan Tujuan Mengembangkan Sikap Percaya Diri
Mengembangkan sikap positif tentu sangat bermanfaat bagi diri kita dalam konteks pribadi maupun kelompok. Manfaat kita mengembangkan rasa percaya diri dalam misi menjadikan UNTAG Surabaya sebagai “world class university” adalah sebagai berikut :
1.      Kita akan menjadi pribadi yang tahan banting, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain..mengapa?! Tentunya karena kita telah mempunyai prinsip hidup yang tidak dapat dilemahkan oleh orang lain.
2. Mampu mengatasi keadaan dengan baik. Mampu menggunakan akal bijak sehingga tidak mudah terprovokasi oleh orang yang ingin “memancing di air keruh”.
3. Tahu kapasitas diri sendiri, sehingga mengerjakan sesuatu secara efektif dan efisien.
4. Memandang semua hal secara optimis.
5. Kualitas kepribadian meningkat yang tentunya akan meningkatkan hubungan kita dengan orang-orang di sekeliling kita.
6. Mampu mengontrol emosi dengan baik.
7. Hidup akan lebih sistematis.
Dan tentunya masih banyak hal-hal yang lainnya..
So, mulailah dari sekarang menjadi pribadi yang PD..
Bravo Percaya Diri..

3.      Isi dan Penjelasan Mengenai Percaya Diri
Percayaan diri merupakan suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap kemampuan pada dirinya sendiri dengan menerima secara apa adanya baik positif maupun negatif yang dibentuk dan dipelajari melalui proses belajar dengan tujuan untuk kebahagiaan dirinya.
Percaya diri adalah modal dasar seorang manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan sendiri. Seseorang mempunyai kebutuhan untuk kebebasan berfikir dan berperasaan sehingga seseorang yang mempunyai kebebasan berfikir dan berperasaan akan tumbuh menjadi manusia dengan rasa percaya diri.
Salah satu langkah pertama dan utama dalam membangun rasa percaya diri dengan memahami dan meyakini bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kelebihan yang ada didalam diri seseorang harus dikembangkan dan dimanfaatkan agar menjadi produktif dan berguna bagi orang lain.  percaya diri merupakan dasar dari motivasi diri untuk berhasil. Agar termotivasi seseorang harus percaya diri. Seseorang yang mendapatkan ketenangan dan kepercayaan diri haruslah menginginkan dan termotivasi dirinya. Banyak orang yang mengalami kekurangan tetapi bangkit melampaui kekurangan sehingga benar benar mengalahkan kemalangan dengan mempunyai kepercayaan diri dan motivasi untuk terus tumbuh serta mengubah masalah menjadi tantangan. Sebagai contoh, Napoleon Bonaparte yang tinggi badannya hanya mencapai lima kaki dan dua inci. Tak satu haripun merasa pendek dan kerdil dihadapan lawan lawannya dan pasukannya. Namun, melihat dirinya menjadi raksasa diantara laki-laki lainnya, meskipun sebenarnya tidak demikian. Kepercayaan diri dan kebesaran hati membuatnya bersikap, bergaul, bersama orang lain dengan penuh percaya diri dan kemampuan menghadapi segala kesulitan dengan kepercayaan diri yang besar.
Rasa percaya diri tidak muncul begitu saja pada diri seseorang ada proses tertentu didalam pribadinya sehingga terjadilah pembentukan rasa percaya diri.
Terbentuknya rasa percaya diri yang kuat terjadi melalui proses:
a) Terbentuknya kepribadian yang baik sesuai dengan proses perkembangan yang melahirkan kelebihan kelebihan tertentu.
b) Pemahaman seseorang terhadap kelebihan kelebihan yang dimilikinya dan melahirkan keyakinan kuat untuk bisa berbuat segala sesuatu dengan memanfaatkan kelebihan kelebihannya.
c) Pemahaman dan reaksi positif seseorang terhadap kelemahan kelemahan yang dimilikinya agar tidak menimbulkan rasa rendah diri atau rasa sulit menyesuaikan diri.
d) Pengalaman didalam menjalani berbagai aspek kehidupan dengan menggunakan segala kelebihan yang ada pada dirinya.

4.      Kesimpulan (isi sendiri)
5.      Saran (isi sendiri)
6.      Penutup (isi sendiri)

4 comments:

  1. itu udah 1000 kata tha? aq blum ngerjakan sama sekali :D
    klau buku cetak itu,, edisi terbaru min 2009 atau cetaknya tahun 2009

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru baca komentarnya. sudah lebih 1000 kata jika ditambah dengan kesimpulan, saran, dan penutup.
      mas juga maba psikologi untag kah ?

      Delete
  2. yang untuk prodi hukum ada ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya publikasi yang sesuai dengan prodi saya saja, terima kasih.

      Delete