Follow Us @soratemplates

Half Purple and Blue Butterfly

Friday, July 3, 2020

Tips Mengatur Waktu Agar Lebih Efektif : My Enemy is Me by Syafi'i Efendi



    Sukses itu emang tidak mudah, tapi juga semua orang bisa memperolehnya asalkan tau caranya aja. Eits, sukses di sini sebenernya memiliki arti yang luas ya. Kita berhasil mencapai apa yang kita usahakan itu juga dikatakan sukses, seperti contohnya kita berniat bangun pagi supaya berangkat kerja tidak terlambat dan akhirnya kalian sampai di kantor tepat waktu. Itu juga bisa dikatakan sukses kan? sukses menjadi pegawai disiplin dengan tidak datang terlambat. Itu sih contoh dan arti secara sempit. Akan tetapi banyak di antara kita yang mengartikan bahwa sukses adalah saat kita bisa menjadi orang yang berkecukupan secara materi. 
    Sebenernya mau sukses dalam hal kecil atau besar sekalipun harus dibutuhkan sebuah niat yang benar-benar kuat dari dalam diri. Seperti pepatah dalam judul postingan ini "..My enemy is Me.." pada dasarnya musuh terbesar yang membuat kita sulit berkembang adalah diri kita sendiri yang tidak bisa konsisten. Salah satu hal yang paling wajib kita perhatikan jika kita ingin sukses adalah, manajemen waktu. Sudahkah kita mengatur dan memanfaatkan waktu kita dengan baik? Sudahkah kita menghabiskan waktu dengan hal-hal yang produkti?. Jika belum, hal ini wajib kalian rubah.
    Berikut Tips Mengatur Waktu yang Efektif yang aku ambil dari buku saku karya Syafi'i Efendi berjudul " My Enemy is Me ". Mas Syafi'i ini adalah salah satu idola aku dalam dunia enterpreneur, dan aku akan kutip beberapa tips dari Mas Syafi'i agar kita bisa merubah manajemen waktu agar lebih baik. 
Cekidot...

1. Membuat Rencana Kerja Harian Secara Detail di Waktu Malam Hari Sebelum Tidur📝
    Dalam hal ini adanya buku agenda itu penting. Di mana agenda ini dapat membantu kalian untuk menentukan jadwal kegiatan apa dan tugas tugas apa yang harus kalian selesaikan. Akan tetapi, gunakan agenda ini dengan efektif ya. Jangan males-malesan untuk memenuhi agenda kamu tanpa catatan apapun. Kalo bisa sih cari buku agenda yang multi fungsi bisa digunakan selain mencatat jadwal juga bisa kalian gunakan sebagai memo dan notulen. Di pasaran sekarang banyak dijual agenda khusus yang fiturnya lengkap. Coba cek aja di online shop, aku pernah juga membelinya sebagai kado untuk sahabat terbaikku. Aku rasa itu cocok untuk kalian yang sibuk dan memiliki goal yang jelas.

Apa Manfaat Dari Memiliki Buku Agenda? - Info Cetak

    Kalian bisa isi agenda kalian setiap malam hari menjelang tidur untuk menuliskan rencana apa saja yang harus kalian kerjakan esok hari. Di sini kalian juga bisa mengevaluasi kira-kira hari ini kegiatan apa saja yang kalian lewatkan dan perlu untuk kalian perbaiki.

2. Buat Skala Prioritas📜
   
√ Cara Menyusun Prioritas Kerja

 Berikan rangking dari setiap tindakan yang akan kalian lakukan. Dari mulai yang terpenting sampai yang tingkat kepentingannya kurang. Sehingga kalian tau mana yang kira-kira harus diselesaikan terlebih dahulu dan tunda yang kurang penting. 

3. Tegas dalam Melaksanakan Rencana Harian❗❗
    Ketika kalian akan berniat fokus pada rencana harian yang sudah kalian buat tidak jarang akan ada banyak godaan atau tawara-tawaran yang terkadang sering membelokkan kalian dari tujuan semula. Di sinilah keteguhan dan ketegasan kalian diuji 😊. Mulai sekarang kalian harus bisa katakan "TIDAK" untuk hal-hal di luar rencana positif yang sudah dibuat. Awalnya emang susah ya, tapi aku yakin lama-lama kalian akan terbiasa dan ini adalah awal dari perubahan jangka panjangmu nantinya.

4. Tunda Hal yang Kurang Penting✋
    Menunda di sini bukan berarti tidak dilakukan, tetapi dahulukan mana yang menurutmu paling penting ya. Jika yang lebih penting atau lebih utama sudah kalian selesaikan, maka segera lanjutkan hal yang perlu kamu selesaikan dengan segera. Tunda sampai waktu yang tepat untuk segera kalian eksekusi.

5. Jadilah Raja Tuntas💁
    Selesaikan dengan segera semua pekerjaan atau jadwal yang telah ada seefektif mungkin. Agar jadwal berikutnya bisa segera dilaksanakan. Kamu harus fokus ketika hal penting ada di depan mata untuk dieksekui. Tuntaskan hari itu juga, karena hari esok akan ada hal lain atau hal baru yang sudah menantimu.  Pada awalnya menjadi Raja Tuntas itu bukan hal mudah, butuh diulang berkali-kali sehingga menjadi kebiasaan yang bisa membentuk pribadi yang berkualitas dari dirimu.

6. Delegasikan Tugasmu pada Ahlinya👉
    Mempercayakan tugasmu kepada orang lain memang susah susah gampang ya. Susahnya kalo ternyata orang yang kamu percaya malah tidak amanah. Tapi coba tenangkan fikiran dan hatimu, ikhlaslah mengajarkan dan mendelegasikan tugas-tugas positif kepada mereka. Ajari mereka, jangan pelit ilmu dan kembangkanlah mereka secara tulus, ini akan jadi ladang pahala bagi kita. Jika pada akhirnya dikhianati, maka ingatlah bahwa Tuhan tidak tidur untuk menghitungnya. 

7. Aturlah Gadgetmu!📱📲
    No Or Stop. Mobile Devices Icon. Smartphone And Tablet PC Signs ...

Bayangkan jika dalam sehari kalian habiskan waktu untuk melihat sosmed dalam 3 jam, maka berapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk cek status, stalking dan seterusnya. Ini perlu ditegaskan bahwa gadget adalah alat bantu untuk mencari informasi, belajar, dan bertransaksi bisnis. Bukan sebatas eforia dalam kebahagiaan semu yang lama-lama akan membunuh hati dan pikiranmu.
 Tidak sedikit yang dapat berubah mood karena habis stalking status temen, Ya, bisa difahamilah contohnya seperti apa.

8. Dorong Terus Dirimu untuk Mengalahkan Pesaingmu👎👍
    Bersaing itu penting, tapi di sini kalian fokuskan pada pesaing terberat kalian, yaitu Dirimu sendiri!. Menurut pepatah "Tugasmu bukan lebih baik dari dia dan mereka, tapi menjadi lebih baik dari dirimu sendiri". Buat agar hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini.

9. Dengarkan Musik Semangat🎧
    Musik emang obat paling ampuh untuk menyembuhkan atau bahkan sebaliknya hati kita. Yang galau jangan malah dengerin musik galau, ntar kalian malah tambah galau. Tapi gapapa juga sih, biar sekalian bisa luapin emosi. But, di sini adalah bagaimana kalian bisa menumbuhkan semangat lewat lagu. Coba dengarkan lagu lagu yang bisa bikin emosi kalian "On" dan membawa pengaruh positif.
Recomend musik :
dan masih banyak lagi, kalian pasti lebih banyak koleksinya. 

10. Jaga Keharmonisan dengan Orang yang Dicintai👪

Terbaru 30 Gambar Kartun Keluarga Romantis di 2020 | Kartun, Foto ...   

Sesibuk apapun kita mengejar mimpi, ingatlah bahwa semua itu akan kembali pada keluarga kita. Sehingga rumah merupakan tempat paling utama untuk kalian jaga keutuhan dan keharmonisannya. Sering terjadi di mana fokus kita akan terpecah karena masalah di rumah, atau sebaliknya. Maka mari kita buat senyaman dan seharmonis mungkin hubungan kita dengan orang-orang yang ada dalam rumah kita ini. Baik itu orangtua, suami/istri, anak anak kita, dsb. 


11. Istirahatlah pada Waktunya🙈

Gambar Kartun Wanita Tidur | Khusus Android 2015

    Tidur adalah obat alami yang Allah ciptakan untuk kita. Tapi sering kita mengabaikannya. Istirahatlah dengan semestinya, kalian tidak bisa memaksakan diri dalam keadaan fisik yang lemah. Jaga selalu jam tidurmu setiap hari. Karena tubuh yang sehat akan ada jiwa yang kuat.

12. Jadikan Ibadah sebagai Pondasi Terkuat😇

News | Doa Agar Kulit Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

    Banyak dari para tokoh sukses dunia yang ternyata memiliki rahasia sukses dari "Kekuatan Spiritual". Mereka menjaga sholatnya dengan baik tengah malam, di kala yang lain tertidur. Orang yang bisa menjaga sholatnya dengan teratur menunjukkan bahwa mereka juga memiliki jiwa disiplin yang tinggi. Di mana disiplin merupakan kunci sukses yang sangat penting. Dengan ibadah ini kita juga belajar untuk tawakkal ketika apa yang kita harapkan tidak tercapai. Sehingga dengan ibadah akan menguatkanmu dan tidak mudah menyerah.

Oke, sekian dulu tips yang bisa aku rangkum di sini. Sebenernya ada dua tips yang aku lewati karena memang sudah telalu panjang juga penjelasannya. Semoga kita semua bisa menerapkan prinsip-prinsip di atas dengan baik. Sukses ada di tangan kalian masing-masing guys 😇😇
    

No comments:

Post a Comment